April 29, 2009

Trik Pengapian Sepeda Motor

pengapian RX King
Mo bikin pengapian lebih mumpuni meladeni derasnya uap BBM tapi gak mau keluar banyak modal? Pernah coba kapasitor 4.7 uF? Untuk motor standard (ukuran spuyernya) cukup pake yg 4.7 uF. Mau pake kapasitor yg ukurannya lbh besar spy apinya juga gede boleh aja tapi musti diikuti dgn menaikkan angka spuyer. Hal ini untuk mencegah agar piston tdk bolong akibat pengapian 'kering'.

Kapasitor? Ya iya, itu loh yg suka ada di benda2 elektronik spt tape, radio, tv dll. punya 2 kaki, kaki yg panjang positif yang pendek negatif, harganya pun gak lebih dr goceng atau Rp. 5.000,- bahkan ada yg cuma 500 perak.

Cara pasangnya nggak susah, cukup menyambungkan kabel dr CDI ke koil (pada RX King berwarna orens/oranye) dgn kaki negatif dan kaki positifnya berfungsi sbg penerus arus dr kapasitor ke koil.
Masih bingung? Begini deh, di RX King kabel dr CDI ke koil kan warnanya orange. Nah arus dr CDI ke koil di salurkan dulu ke kaki negatif kapasitor sementara kaki positif kapasitornya meneruskan arus dr kapasitor ke koil.
Gimana caranya? Boleh dengan memotong kabel orange tsb untuk disambungkan ke kaki negatif kapasitor atau melepas dulu soket kabel orens yg di koil untuk disambung dgn kapasitor. Ingat ya, kaki negatif ke arah CDI dan kaki positif ke koil.

2 komentar:

  1. Bro,klo Rx-z pengapian rewel knp yak??wktu mesin dingin normal,tapi klo udah agak panas kaya pengapian putus" (RPM menengah).trus klo RPM di naikan lagi normal lagi...busi w udah abis 3 sama aja..tolong solusi nya..

    BalasHapus
  2. pakai kapasitor 4.7uf iku berapa volt gan....
    400.? apa kurang gede/kegedean.??

    BalasHapus