Oktober 01, 2009

GRASS ROCK

Seperti "legenda-legenda" rock angkatan akhir 80-an, rata-rata adaalah lulusan festival rock yang diselenggarakan oleh Log Zhelebour, Pun demikian Grass Rock. Anak-anak muda yang doyan musik itu, nekat membentuk band hanya karena ingin mengikuti Djarum Super Rock Festival itu.

Awal terbentuk di Surabaya, 4 Mei 1984, Grass Rock diperkuat oleh Hari (vokal), Mando (kibor), Harto (gitar), Yudhie (bas), dan Rere (dram). Band ini kemudian sering mengusung lagu-lagu milik Yes, sehingga sering dijuluki sebagai Yes-nya Indonesia. Di tahun yang sama mereka kemudian mengikuti festival rock itu tapi gagal menjadi juara.

Tahun 1985 Grass Rock kembali mengikuti Djarum Super Rock Festival, kali ini mereka beruntung memperoleh juara III dan Rere memperoleh gelar The Best Drumer. ’’Wah makin semangat saja kita ngerocknya,’’ tuturnya. Lalu Grass Rock pun memperoleh kesempatan untuk selalu mengikuti show yang diselenggarakan oleh Log Zhelebour.

Sebagai sebuah grup Grass Rock paling kerap mengganti vokalis, di antaranya adalah Karnoto, Arief, Zulkarnain, dan vokalis terakhir Dayan (adik Rere) yang sempat duet dengan Zulkarnain.

Ketika Zulkarnain masuk di tahun 1986 Grass Rock kembali mengikuti Djarum Super Rock Festival, dan berhasil jadi Juara I. Rere pun kembali menyabet gelar The Best Drumer. Mereka lantas memperoleh kesempatan dari Log Zhelebour untuk mengikuti tur 10 kota untuk mengiringi God Bless.

Tahun 1987 mereka ikut festival lagi dan kembali memperoleh Juara I dan The Best Drumer, ditambah Mando memperoleh gelar The Best Keyboard. ’’Setelah itu kita dapat juara terus kalau ikut festival, wah pokoknya kita lagi di atas angin deh saat itu,’’ papar Rere penuh semangat.

Setelah menjadi macan festival, Grass Rock gatal juga untuk menjajal dunia rekaman. dan setelah mengumpulkan materi yang cocok, lahirlah album pertama mereka Rembulan (1990). Berturut-turut Bulan Sabit (1992), Grass Rock (1994), Menembus Zaman (1998), dan satu single Rock Kemanusiaan "Prasangka". Setelah ditinggal Dayan yang meninggal 1999, Grass Rock tingga Mando (kibor), Edi Kemput (gitar), Yudi (bas), dan Rere (dram).

Rembulan (1990)
Track list:
1. Anak Rembulan
2. Khayal
3. Selamat Pagi Tragedi
4. Langkah-Langkah
5. Sepenggal Dusta
6. Sabung Ayam
7. Murka
8. Kenyataan
9. Lepaskan

 


Bulan sabit (1992)
Track list:
1. Bulan Sabit
2. Gadis Tersesat
3. Bersamamu
4. Nyanyian Laguku
5. Laju Harapan
6. Rakyat Hutan
7. Sendiri
8. Lagu Nurani
9. Kemenangan
10. Blues Untuk Sodomi

Grass Rock (1994)
Track list:


  1. Santet
 2. Datang padaku
 3. Menuju jalan pulang
4. Kereta Api
 5. Maaf
6. Lingkaran
 7. Ratu Budak
 8. Terasing
9. Raja alam mimpi

 

Menembus Jaman (1998)
Track list:

 1. Adakah Hasratmu
2. Janji
3. Gadis Titisan Dewi
4. Kemeja Putih
5. Menari di Mentari
6. Puisi Kepada Waktu
7. Gadis Desa
8. Dalam Pelukan
9. Tanpa Batasan Waktu
10. Menembus Jaman