Mei 23, 2009

Reinkarnasi

reinkarnasi
Reinkarnasi sang roh, merupakan fakta pertama yang perlu kita mengerti pada jalan pencerahan spiritual, yaitu perubahan yang ditunjukkan di sini... Bahwa sang roh berwujud dalam bentuk seorang bayi, dari bayi tumbuh menjadi seorang anak, dia menjadi seorang remaja, dari remaja menjadi seorang pemuda, dari pemuda menjadi seorang pria dewasa, dari pria dewasa menjadi seorang pria tua. Sepanjang durasi ini, walau badannya terus berubah dari seorang anak hingga menjadi seorang pria tua, dia tetap merasakan bahwa dirinya memiliki identitas yang sama, "diri" yang sama.

Namun apa itu "diri" ini, dan apa yang terjadi padanya pada saat kematian tiba? Sri Krsna menjelaskan di dalam Bhagavad-gita [2.131, "Di dalam badan ada sang roh [sang "diri"], dan seperti halnya roh tersebut mengembara melalui badannya yang berupa seorang bayi ke dalam badannya yang seorang pemuda, dan dari badan pemudanya ke dalam badan tua-nya, begitu pula selanjutnya sang roh yang sama masuk ke dalam badan-baru yang lain lagi ketika kematian itu tiba ....

Hal itu dilatari oleh sifat sang roh yang tidak mengenal kelahiran dan kematian. Atau, dia tak pernah tidak ada sebelumnya, dia tidak pula pernah berhenti menjadi roh. Dia tidak dilahirkan, dia kekal, dia selalu ada, dia tak pernah mati, dan maha dahulu. Dia tidak mati ketika badan binasa. Lebih lanjut di dalam Bhagavad-gita Sri Krsna mengibaratkan proses pergantian badan-badan ini dengan proses dilepaskannya satu setel pakaian yang sudah usang dan dikenakannya pakaian yang baru. Namun "setelan pakaian baru" dari sang roh itu—badan barunya—tidak mesti manusia. Ada 8.400.000 jenis kehidupan, termasuk semua jenis makhluk hidup yang bersel satu, tumbuhan air, pohon-pohonan, reptilia, serangga, binatang bugs, dan manusia. Dengan hukum karma, badan macam apa yang didapatkan oleh seseorang dalam kehidupan dia yang berikutnya tergantung pada perbuatan-perbuatan yang dia lakukan clan keinginankeinginan yang dia kembangkan dalam kehidupan ini.

The Science of Self-Realization
by Srimad A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada
Copyright 2003 The Bhaktivedanta Book Trust International, Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar